Tugas Bulan ke - 4


Nama : Juan Valerian Delima
Kelas : 4IA08
NPM : 53415615

REGULASI DAN PROSEDUR PENGADAAN BARANG DAN JASA
Rencana Bisnis : Pengadaan jasa IT Consultant

        Berbicara mengenai dunia bisnis tentu tidak luput dari pembahasan sebuah perusahaan, wiraswasta, perdagangan dan lain sebagainya. Perkembangan dunia bisnis yang sekarang sedang menjamur di sekitar lingkungan yaitu sebuah startup di bidang e-commerce ada bukalapak, tokopedia, shopee, lazada, dan lain-lain. Di sini saya akan membuat rencana bisnis di bidang IT Consultant. Bisnis ini di bidang pembuatan sistem atau aplikasi untuk sebuah perusahaan, pembuatan website untuk sebuah perusahaan. Usaha ini akan saya beri nama “Delima IT Consultant”. Nama Delima dari marga keluarga ayah saya.

GAMBARAN UMUM
          Delima IT Consultant adalah sebuah yang bergerak di bidang jasa pembuatan sistem informasi untuk sebuah perusahaan. Tujuannya untuk mengatasi permasalahan yang ada di perusahaan yang belum menggunakan sistem informasi, agar bisnis dalam suatu perusahaan dapat berjalan dengan baik.

SUMBER INFORMASI TENTANG PENAWARAN ATAU PELUANG PROYEK TIK.
Jenis layanan antara lain:
·         IT Support
o   Delima IT Consultant menyediakan layanan jasa IT Support untuk wilayah jakarta dan sekitarnya.
·         Instalasi Jaringan
o   Delima IT Consultant menyediakan layanan instalasi kabel jaringan bagi Anda dengan harga yang terjangkau dan dikerjakan oleh tenaga ahli.
·         Pembuatan Website
o   Kami menyediakan jasa pembuatan website yang bertujuan untuk memasarkan produk Anda secara online, agar produk anda mudah diketahui banyak orang. Kami akan membuat sistem seperti yang anda inginkan di website anda.
·         Desain Website
o   Kami menyedia jasa desain website. Desain website bertujuan untuk memperindah tampilan website Anda, Desain yang kami buat untuk website anda akan rapih dan tersusun secara responsive.
·         Instalasi Server
o   Kami Delima IT Consultant mempunyai layanan penginstalan server untuk anda. Instalasi Server ini nantinya akan berguna untuk menyimpan file dan data penting anda. Harga yang kami tawarkan pun terjangkau dan akan dikerjakan oleh tenaga ahli.
·         IT Maintenance
o   Kami Delima IT Consultant menyediakan layanan IT Maintenance dengan sistem kontrak. Kami akan merawat dan memperbaiki masalah IT di kantor anda. Jika anda Berminat, anda bisa menghubungi kami.

Bahan baku dan peralatan yang digunakan :
o   10 Unit Komputer Baru
o   Monitor LCD
o   2 Unit Printer Epson
o   In Focus
o   10 Unit Meja Kantor
o   3 Unit Air Conditioner(Pendingin Ruangan)

Identifikasi sumber tempat membeli barang-barang tersebut :
o   Toko komputer dan aksesoris komputer
o   Toko furniture kantor
o   Toko alat-alat tulis kantor
o   Toko elektronik

Kebutuhan Modal :
Modal yang diperlukan dalam pendirian usaha IT Consultant adalah kurang lebih sebesar RP. 108.500.000 (Seratus delapan juta lima ratus ribu rupiah) dengan perincian penggunaan sebagai berikut.
1.   10 Unit Komputer Baru RP. 6.500.000 x 10 = Rp. 65.000.000
2.   Monitor LCD Rp. 2.000.000
3.   2 Unit printer Epson Rp. 1.500.000 x 2 = Rp. 3.000.000
4.   In Focus Rp. 2.000.000
5.   10 Unit meja kantor Rp. 2.000.000 x 10 = Rp. 20.000.000
6.   3 Unit AC Rp. 2.500.000 x 3 = Rp. 7.500.000
Jumlah Modal : Rp.108.500.000

Daftar harga jual jasa:
o   IT Support 2 – 10 Juta
o   Instalasi Jaringan 5 – 25 Juta
o   Pembuatan Website 5 – 20 Juta
o   Desain Website 2 – 15 Juta
o   Instalasi Server 20 – 100 Juta
o   IT Maintenance 3 – 10 Juta
Usaha Jasa IT Consultant ini dikelola oleh 6 orang sebagai berikut :
o   1 orang sebagai manager
o   1 orang sebagai project manajer
o   2 orang sebagai staff marketing
o   1 orang sebagai staff keuangan
o   1 orang sebagai CTO (chief technology officer)

Peluang Usaha
Melihat hasil analisis pesaing serta potensi permintaan pasar yang cukup besar, usaha ini masih memungkinkan untuk bersaing dengan IT Consultant lainnya.

KEBUTUHAN DOKUMEN YANG TERTUANG DALAM KAK (KERANGKA ACUAN KERJA) ATAU TOR (TERM OF REFERENCE) ATAU BIDDING DOCUMENT.
Identifikasi kebutuhan adalah salah satu kegiatan dalam penyusunan rencana umum pengadaan. Kegiatan lain yang juga menjadi bagian dalam penyusunan rencana umum pengadaan adalah penyusunan dan penetapan Kerangka Acuan Kerja (KAK). KAK adalah acuan dalam setiap pengadaan barang/jasa yang terdiri atas:
1.   Uraian kegitan yang akan dilaksanakan meliputi latar belakang, maksud, dan tujuan, lokasi kegiatan, sumber pendanaan, serta jumlah tenaga yang diperlukan. Latar belakang usaha ini karena melihat potensi lingkungan sekitar permintaan akan IT yang semakin meningkat.
2.   Waktu yang diperlukan dalam melaksanakan kegiatan/pekerjaan tersebut mulai dari pengumuman, rencana pengadaan sampai dengan penyerahan barang/jasa.
3.   Besarnya total perkiraan biaya pekerjaan termasuk kewajiban pajak yang harus dibebankan pada kegiatan tersebut. Dalama pengadaan jasa pembuatan kado total perkiraan modal sekitar Rp. 108.500.000

Istilah lain yang sering digunakan untuk menggambarkan KAK adalah Term Of Reference (TOR). KAK dan RAB merupakan dokumen awal yang disusun untuk penganggaran tahunan dan termasuk dalam dokumen anggaran K/L/D/I.
Permasalahan yang terjadi di lapangan, karena proses pengadaan yang dilakukan dimulai dari identifikasi kebutuhan yang mengada-ada, maka penyusunan KAK juga hanya dilakukan setengan hati dan sekedar untuk menggugurkan kewajiban dokumen dalam penyusunan anggaran belaka.
Sering terjadi, karena sifat pekerjaan selalu berulang setiap tahun, maka KAK yang disusun hanya sekedar “save as” dari dari dokumen KAK tahun sebelumnya. Cukup dengan mengganti jumlah sasaran dan mencocokan nilai anggaran dengan standar biaya terbaru bahkan dengan menyusun waktu secara asal-asalan maka KAK sudah siap dijadikan lampiran pembahasan anggaran.
Inilah yang menyebabkan proses pengadaaan menjadi kacau balau, karena ruh utama pengadaan, yaitu identifikasi kebutuhan tidak tersampaikan secara jelas dan dipahami secara mendalam serta dituliskan secara terukur. Proses penyusunan KAK berhenti hanya sebatas pemenuhan persyaratan administrative dalam pengaggaran.

KOMENTAR
          Dari sekian banyak kesempatan bisnis yang ingin dijalankan semua tergantung dengan kemampuan yang dimiliki. Kemampuan atau skill sangat mempengaruhi bisnis ini, namun dalam mencapai keberhasilan bisnis terdapat beberapa hal yang mempengaruhi.
        Dalam usaha IT Consultant ini juga mempunyai kekurangannya yaitu adanya persaingan dengan IT Consultant yang lainnya, selalu memberikan yang terbaik untuk klien agar IT Consultant kami terpandang dan bisa bersaing dengan IT Consultant lainnya.


Artikel Pribadi
“Sikap menumbukan semangat dalam belajar”
Pertama, kita harus tahu dulu tujuan hidup kita apa, yang mana setiap tujuan pasti ada sesuatu yang di usahakan, dalam hal ini yaitu belajar. Sama seperti sebelumnya banyak faktor dalam menumbuhkan semangat belajar, tentunya kita harus bisa cara memimpin hidup kita sendiri agar kita mencapai tujuan hidup yang kita inginkan. Tanamkan dalam diri bahwa belajar adalah bukan dari beban, tapi proses dalam mengerti proses sesuatu hal kita tidak tau atau belum paham tentang hal yang baru.
Dalam mempertahankan semangat dalam belajar menurut saya pribadi bahwa itu tidak muda, karena akan banyak proses yang harus di lewati, menurut saya ada beberapa cara dalam mempertahankan rasa semangat juang dalam belajar:
1.   Tumbuhkan mindset bahwa belajar itu bukan sesuatu yang menyusahkan tapi memudahkan kita dan menambah pengetahuan.
2.   Tumbuhkan rasanya nyaman dalam belajar, tidak selalu dirumah atau di meja belajar, banyak media pendukung yang dapat mendukung kita belajar, seperti di taman, cafĂ© atau tempat sejenisnya.
3.   Tujuan, harus adanya tujuan dalam suatu yang kita perjuangkan, dalam hal ini belajar, kita harus mempunyai tujuan target untuk apa kita belajar.
4.   Bersama-sama, terkadang dengan mempunyai teman atau partner dalam sama-sama memenuhi tujuan dapat lebih mempermudah kita dalam mempertahankan dan menggapai tujuan tersebut.

Diatas adalah pendapat saya pribadi mengenai menumbuhkan semangat juang dalam belajar, masih banyak dan beragam jenis cara dalam menumbuhkan semangat juang dalam hal belajar, tergantung bagaimana kita dapat mengaplikasikan nya kedalam diri sendiri dan lingkungan.










Share This Article :
Share on FB Tweet Share on G+

Ditulis Oleh : j ~ Valerian-17

Juan Anda sedang membaca artikel berjudul Tugas Bulan ke - 4 yang ditulis oleh Juan Valerian Delima yang berisi tentang :Tugas Bulan ke - 4, Dan Terima kasih kepada Anda yang sudah mengunjungi blog saya.

0 comments:

Post a Comment

Admin tidak selalu online untuk memantau komentar yang masuk... jadi berikan Komentar anda atau balasan Komentar anda yang sopan kepada pengunjung dan layak dikonsumsi oleh publik. NO SARA, NO SPAM dan Sejenisnya.

Back to top