Bab 10 (Manusia dan Kegelisahan)

A.Pengertian Kegelisahan
            Kegelisahan berasal dari kata gelisah,yang berarti tidak tenteran hatinya,selalu merasa khawatir,tidak tenang,tidak sabar,cemas.Sigmund freud ahli psikoanalisa berpendapat,bahwa ada tiga macam kecemasan yang menimpa manusia yaitu kecemasan kenyataan(obyektif),kecemasan neorotik dan kecemasan moril.
a).Kecemasan obyektif
            kecemasan tentang kenyataan adalah suatu pengalaman perasaan sebagai akibat pengamatan atau suatu bahaya dalam dunia luar.Bahaya adaalh sikap keadaan dalam lingkungan seseorang yang mengancam untuk mencelakakannya.
b).Kecemasan neorotis(syaraf)
            Kecemasan ini timbul karena pengamatan tentang bahaya dari naluriah.Menurut Sigmund Freud,kecemasan ini dibagi tiga mcam,yakni:
1).Kecemasan yang timbul karena penyesuaian diri dengan lingkungan.
2).Bentuk ketakutan yang tegang dan irrasional(phobia).
3).Rasa takut lain ialah rasa gugup,gagap,dan sebagainya.
c).Kecemasan moril
    Kecemasan moril disebabkan karena pribadi seseorang.

B.Sebab-sebab orang gelisah
            Apabila kita kaji,sebab-sebab orang gelisah adalah karena pada hakekatnya orang takut kehilangan hak-haknya.Hal itu adalah akibat dari suatu ancaman,baik ancaman dari luar maupun dari dalam.
C.Usaha-usaha mengatasi kegelisahan
            Mengatasi kegelisahan ini pertama-tama harus mulai dari diri kita sendiri,yaitu kita harus bersikap tenang.Dengan sikap tenang kita dapat berpikir tenang,sehingga segal kesulitan dapat kita atasi.Untk mengatasi kegelisahan yang paling ampuh kita memasrahkan diri kepada Tuhan.


D.Keterasingan
            Keterasingan berarti hal-hal yang berkenaan dengan tersisihkan dari pergaulan,terpencil atau terpisah dari yang lain.Yang menyebabkan orang berada dalamm keterasingan itu ialah perilakunya yang tidak dapat diterima atau tidak dapat dibenarkan oleh masyarakat.
E.Kesepian
            Kesepian berasal dari kata sepi yang berarti sunyi atau lengang,sehingga kata kesepian berarti merasa sunyi atau lengang,tidak berteman.Frustasi  merupakan penyebab kesepian.
F.Ketidakpastian
            Ketidakpastian artinya keadaan yang tidak pasti,tidak tentu,tidak dapat ditentukan,tidak tahu,keadaan tanpa arah yang jelas,keadaan tanpa asal-usul yang jelas.
G.Sebab-Sebab Terjadi Ketidakpastian
            Beberapa sebab orang tak dapat berpikir dengan pasti ialah:
1.Obsesi
            Obsesi merupakan gejala neurosa jiwa,yaitu adanya pikiran atau perasaan tertentu yang terus menerus,biasanya tentang hal-hal yang tak menyenangkan atau sebab-sebabnya tak diketahui oleh penderita.
2.Phobia
            Ialah rasa ketakutan yang tak terkendali,tidak normal,kepada sesuatu hal atau kejadian tanpa diketahui sebab-sebabnya.
3.Kompulasi
            Ialah adanya keragu-raguan tentang apa yang telah dikerjakan,sehingga ada dorongan yang tak disadari melakukan perbuatan yang serupa berkali-kali.
4.Histeria
            Ialah neorosa jiwa yang disebabkan oleh tekanan mental,kekecewaan,pengalaman pahit yang menekan,kelemahan syaraf,tidak mampu menguasai diri,sugesti dari sikap orang lain.
5.Delusi
            Menunjukan pikiran yang tidak beres karena berdasarkan suatu keyakinan palsu.delusi ini ada tiga macam,yaitu:
a).Delusi persekusi:Menganggap keadaan sekitarnya jelek.
b).Delusi keagungan:Menganggap dirinya orang penting dan besar.
c).Delusi melacholis:Merasa dirinya bersalah,hina dan berdosa.
6.Halusinasi
            Khayalan yang terjadi tanpa rangsangan pancaindera.
7.Keadaan Emosi
            Dalam keadaan tertentu seseorang sangat berpengaruh oleh emosinya.
H.Usaha-usaha Penyembuhan Ketidakpastian
            Orang yang tidak dapt berpikir dengan baik,atau kacau pikirannya ada bermacam-macam penyebabnya.Jalan yang paling baik bagi penderita ialah diajak atau pergi sendri ke psikolog.
Share This Article :
Share on FB Tweet Share on G+

Ditulis Oleh : j ~ Valerian-17

Juan Anda sedang membaca artikel berjudul Bab 10 (Manusia dan Kegelisahan) yang ditulis oleh Juan Valerian Delima yang berisi tentang :Bab 10 (Manusia dan Kegelisahan), Dan Terima kasih kepada Anda yang sudah mengunjungi blog saya.

0 comments:

Post a Comment

Admin tidak selalu online untuk memantau komentar yang masuk... jadi berikan Komentar anda atau balasan Komentar anda yang sopan kepada pengunjung dan layak dikonsumsi oleh publik. NO SARA, NO SPAM dan Sejenisnya.

Back to top